Menyambut Ramadan 2016, penyanyi Glenn Fredly membuat kejutan dengan menjadi produser sebuah album. Uniknya, penyanyi asal Maluku ini menggarap sebuah album bernapas Islami dengan judul Hidayah.

“Terciptanya album ini adalah hasil diskusi dengan banyak teman musikus dan teman lainnya yang lintas disiplin,” ujar Glenn saat konferensi pers di Kemang, Kamis, 2 Juni 2016.

Awalnya, Glenn mengaku hanya ingin mengajak teman-teman dekatnya untuk ikut berkontribusi terlibat dalam penggarapan album ini. “Tapi kayaknya kalau hanya ajak teman saya, kesannya kok eksklusif sekali,” katanya.

Karena tidak ingin terkesan eksklusif, Glenn mencari banyak musikus baru untuk ikut terlibat. “Semua senang, dan salah satu grup yang terlibat adalah Kamila. Awalnya kami mengobrol, lalu saya ajak dan mereka tertarik,” katanya sambil tersenyum.

Selain Kamila, Glenn juga mengajak beberapa musikus, seperti Achi Harahap, Kunokini, Jozz Felix, dan musikus baru lainnya. Adapun beberapa musikus senior yang ikut dilibatkan adalah Tompi, Rieka Roeslan, Dian HP, dan Indra Lesmana. 

Di dalam album Hidayah terdapat 12 lagu dengan berbagai genre musik, seperti pop, hip hop, pop rock, soul, dan sebagainya. “Ada tujuh lagu baru dan yang lainnya adalah lagu lama yang saya kurasikan. Salah satunya lagu Dian Permana Putra yang berjudul Alfatihah sebagai pembuka,” ujarnya.

Tak hanya membawa napas-napas Islami, tapi album tersebut juga membawa ragam rasa dan semangat Nusantara sebagai inspirasi untuk saling menghargai dan menghormati di antara perbedaan yang ada.

DINI TEJA (Tempo.co)